Recent Tube

LightBlog

Senin, 12 Juni 2023

Memperingati Hari Ke 353 tahun sultan Hasanuddin I mallobasi Daeng Mattawang Karaeng Bontomangape Muhammad Baqir raja Gowa ke 16 ratusan masyarakat adat ziarah Ke Makam Raja Raja Dan mendoakan



( Merahputihnews.com ). Makassar :

Makassar - Ratusan masyarakat adat dari berbagai wilayah di Sulawesi Selatan berkumpul di kompleks makam Sultan Hasanuddin I Mallobasi Daeng Mattawang Karaeng Bontomangape Muhammad Baqir Tumenanga Ri balla Pangkana Raja Gowa ke-16 pada hari Kamis (25/02). Mereka datang untuk memperingati 353 tahun Haul Sultan Hasanuddin dan juga untuk berziarah ke makam raja raja tersebut.

Acara ini dihadiri oleh berbagai penggiat adat dan budaya, Serta Pemangku Adat dan pemerhati Budaya, yang datang dari kabupaten-kabupaten di Sulawesi Selatan. Mereka datang bersama-sama untuk Berziarah Ke makam Raja Raja Yang Berada Di kompleks makan Sultan Hasanuddin Raja Gowa Ke 16 sekaligus untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

"Momentum Haul ini memberikan inspirasi untuk kita semua, agar lebih mencintai dan memperjuangkan dan melastarikan nilai nilai  kebudayaan Sulawesi Selatan yang kaya dan beragam," kata salah satu penggiat adat dan pemerhati Budaya yang hadir.
Turut hadir Berbagi komunitas dan lembaga  Yang hadir,Ketua Laskar Gowa Bersejarah,ketua Laskar Karaeng Ngemba Muh.Rizal S.E krg Ngemba, Lembaga Kaserah, Laskar Monta Bassia, Abbulo Sibatang, Majelis Dzikir Adat Lagober,Lembaga Pusaka dan Komonitas Sahabat Goib Anto Pengeran yang juga hadir dalam acara tersebut menyambut baik kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat persatuan dan kesatuan antar penggiat adat dan budaya di Sulawesi Selatan. Kami berharap semakin banyak orang yang peduli dengan kelestarian budaya kita," ujarnya.

Selain berziarah ke makam Sultan Hasanuddin, para penggiat adat juga melakukan kegiatan musyawarah dan diskusi tentang berbagai isu sejarah lingkungan dan budaya di Sulawesi Selatan. Acara Haul Sultan hasanuddin I mallobasi Daeng Mattawang Karaeng Bontomangape Muhammad Baqir Raja gowa ke 16 yang  ke 353 Tahun ini diharapkan dapat memperkuat kebersamaan dan persaudaraan antar masyarakat adat di Sulawesi Selatan.

Tim/Red(**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar